Seputar Karawang

'Badega Lembur', Acara Pengenalan Tradisi dan Budaya Sunda di Karawang

By:
2017-08-04 08:48:35
0 dilihat

Karawangkita.com - Beberapa komunitas di Kabupaten Karawang yang merasa terpanggil untuk mengenalkan kearifan lokal Kabupaten Karawang akan menggelar acara 'Badega Lembur'. Acara yang rencananya berlokasi di salah satu desa di Kabupaten Karawang tepatnya di Kampung Kawali, Desa Pancawati, Klari pada tanggal 5 dan 6 Agustus 2017 ini di gagas oleh Karawang Guyub dan di dukung oleh beberapa komunitas di Kabupaten Karawang seperti komunitas UKM Karawang, komunitas Iket Sunda, Saung OCID, RIR Outdoor, Karawang Peduli Sesama (kalima) dan lain sebagainya.

Kang Bapung, salah satu penggagas ide acara tersebut mengatakan kepada tim Karawangkita.com yang menemuinya bahwa "Badega Lembur" jika diartikan bebas menjaga kampung merupakan acara yang digagas oleh teman - teman komunitas di Kabupaten Karawang yang mempunyai tujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat karawang tentang kearifan lokal terutama aspek budaya dan tradisi sunda dimana Kabupaten Karawang adalah salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Barat dan terkenal dengan budaya dan tradisi sunda.

Disamping itu acara ini juga untuk menjaga agar budaya dan tradisi sunda tidak tenggelam oleh semakin maju nya Kabupaten Karawang. " Dengan semakin terkenalnya Karawang sebagai kota industri dan masih kokohnya budaya dan tradisi sunda di Karawang mudah - mudahan bisa menjadikan Kabupaten ini menjadi salah satu Kabupaten yang terkenal bukan hanya industri akan tetapi terkenal dengan budaya dan tradisi sunda", jawab beliau ketika tim karawangkita.com tanya mengenai apa alasan acara ini digelar.

Selain menampilkan tradisi dan budaya sunda, acara "Badega Lembur" ini juga terdapat kegiatan bakti sosial seperti pengobatan serta check up gratis oleh teman - teman dari Ikatan Seluruh Mahasiswa Kesehatan Kabupaten Karawang dan Kalima  juga santunan untuk yatim piatu. Menurut informasi yang tim karawangkita.com terima, acara yang akan dimulai hari sabtu tanggal 5 agustus 2017 pada jam 14.30 juga rencananya akan kedatangan tamu - tamu dari negara sahabat seperti Amerika, Rusia dan Afghanistan dan dibuka dengan pembacaan Kalamullah dan Tausyiah.

Jadi bagi anda masyarakat Kabupaten Karawang dan sekitarnya yang bingung menghabiskan hari weekend kemana di karawang, bisa datang ke acara ini yang terbuka untuk umum sambil mengetahui seperti apa tradisi dan budaya sunda yang akan ditampilkan dalam acara ini. 

Mau atau apa saja yang ada di Kabupaten Karawang?Unduh saja aplikasi android kami "Karawang Kita" di google play store.

(jabar)


Komentar
Belum ada komentar saat ini
Buat Komentar