Seputar Karawang

Inspirasi Pengelolaan Sampah di Karawang

By:
2018-05-27 04:52:47
0 dilihat

Sampah adalah material sisa yang tidak terpakai kemudian dibuang, sampah harus dikelola dgn baik Sehingga tidak menimbulkan bau busuk dan tidak menimbulkan penyakit bagi kesehatan kita. Pengelolaan sampah harus dimulai dari sumbernya yaitu rumah tangga. Sampah dirumah tangga ada dua yaitu sampah organik dan anorganik.

Sampah rumah tangga harus dipilah terlebih dahulu sebelum dibuang ke tempat sampah sehingga bisa bernilai ekonomis sampah seperti sayur menjadi sampah organik dan plastik menjadi anorganik. Pengelolaan sampah bisa dilakukan dgn meminimalkan sampah melalui hirarki sampah merujuk pada 3 M (mengurangi sampah, menggunakan kembali sampah dan daur ulang )

Sampah rumah tangga berupa organik bisa dibuat menjadi pupuk organik(kompos), dan anorganik bisa digunakan kembali atau didaur ulang atau bisa juga ditabung di Bank Sampah yang ada disekitar lingkungan kita sehingga bisa menambah penghasilan bagi rumah tangga. Dan sisa sampah (Residu) dibuang ke tempat sampah atau tempat pembuangan akhir sampah (TPAS).

Agar pengelolaan sampah berjalan dgn baik dan maksimal dibutuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat dimana masyarakat harus membuang sampah pada tempatnya, dan adanya kerjasama antara pemerintah, masyarakat dan swasta..

Dan adanya tokoh masyarakat seperti bapak Pasaribu sangat menginpirasi bagi kita semua, semakin banyak semakin bagus masyarakat yg dapat mengelola sampah menjadi berkah..karawang harus ada projek kampung sehat kampung bersih bebas sampah yang di dalamnya ada kegiatan pengelolaan sampah yg baik dan juga adanya Bank sampah, sebagai kampung/desa/kelurahan percontohan dikabupaten karawang supaya desa yg lain bisa mengikuti, dan Kabupaten Karawang sudah memiliki perda pengelolaan sampah, semoga dapat dijalankan dgn sebaik-baiknya sehingga karawang bersih bebas sampah bisa terwujud.

(opik)


Komentar
Belum ada komentar saat ini
Buat Komentar