Seputar Karawang

Komunitas di Karawang menggelar acara Pabaru Sunda

By:
2016-09-12 08:44:36
0 dilihat

Karawangkita.com - Beberapa komunitas di Kabupaten Karawang menggelar acara Pabaru Sunda tepatnya pada hari Sabtu kemarin tanggal 10 September 2016 yang bertempat di Candi Blandongan, Desa Segaran Kecamatan Batujaya Karawang. Acara Pabaru Sunda ini sendiri diadakan dalam rangka memperingati tahun baru Sunda dimana tahun ini sudah memasuki tahun 1953 menurut penanggalan sunda berdasarkan prasasti Sri Jaya Bupati yang ada di Sukabumi dan tepat jatuh pada hari itu.

Ketika karawangkita.com berbincang dan berdiskusi dengan Kang Agus Sutisna selaku ketua panitia sekaligus sesepuh Komunitas Iket Sunda (KIS) Area Karawang mengenai acara yang tengah berlangsung, Beliau mengatakan intinya acara peringatan Tahun Baru Sunda ini selain untuk memperingati tahun baru Sunda juga sebagai momen untuk mencoba mengangkat kembali sejarah - sejarah sunda dan pariwisata terutama di Kabupaten Karawang. Acara ini sendiri dipelopori oleh salah satu komunitas di karawang yaitu Karawang Guyub, dan didukung penuh oleh komunitas- komunitas sunda lainnya terutama di Karawang seperti terlihat beberapa komunitas yang datang dan meramaikan acara tersebut yaitu KIS Area Karawang, Komunitas Saung Ocid, Komunitas Mikadeudeuh Aksara Sunda Karawang (Maskar), Sunda Buhun dan lain - lain.

Diantara komunitas - komunitas yang jadi pelopor dan pendukung acara tersebut, hadir pula para undangan seperti Macan Ali, Surawisesa, KIS Tapak Pakuan Bogor dan sebagainya. Pembukaan acara ini sendiri berlangsung khidmat dengan menghadirkan teatrikal mitologi sunda dan masih banyak lagi. Kang Agus Sutisna pribadi berharap peringatan acara tahun baru Sunda akan bisa terus diadakan setiap tahunnya sehingga sejarah, kebudayaan dan hal - hal yang berkaitan dengan kesundaan terutama di daerah Karawang terus bisa dilestarikan. Ketika kami bertanya mengapa acara tersebut diadakan di tempat ini, Beliau mengatakan karena candi - candi yang ada di desa Segaran Kecamatan Batujaya Karawang ini merupakan salah satu candi tertua yang ada di Indonesia dimana menurut sejarah yang beliau baca candi ini dibangun pada abad ke 4 Masehi. "Maka dari itu beberapa komunitas sunda di Karawang sepakat untuk mengadakan acara peringatan Tahun Baru Sunda di tempat ini dan mudah - mudahan ke depan pemerintah daerah Kabupaten Karawang bisa ikut memeriahkan, membantu dan bersinergi dengan kami agar acara seperti ini terus eksis", lanjut beliau menutup perbincangan kami.   


Komentar
Belum ada komentar saat ini
Buat Komentar