Seputar Karawang

Omset Pedagang Pinggir Jalan Meningkat Drastis

By:
2016-07-04 04:00:55
0 dilihat

Karawangkita.com - Musim arus mudik seperti tahun - tahun sebelumnya sangat membawa berkah bagi para pedagang khususnya pedagang makanan dan minuman di pinggir jalan baik yang sudah menetap di tempat itu maupun pedagang - pedagang musiman dimana hanya musim - musim tertentu saja mereka berjualan. Salah satunya adalah pedagang makanan dan minuman di Kabupaten Karawang, dimana karawang ini merupakan jalur utama untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Para pemudik yang menggunakan sepeda motor biasanya singgah di warung - warung yang sudah disediakan para pedagang untuk sekedar melepas lelah untuk mendapatkan kembali stamina sehingga mereka bisa melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan mudik mereka. Melihat fenomena arus mudik yang tiap tahun seperti ini, tim karawangkita mencoba mewawancarai salah satu pedagang yang memang mendirikan warung di jalan baru tanjung pura klari yaitu Ibu Erna.

Menurut beliau, setiap tahun apalagi momen arus mudik dan tahun baru, warung makanan dan minuman di pinggir jalan seperti ini mulai bertambah banyak, entah itu warung yang didirikan pedagang musiman maupun pedagang yang punya satu warung kemudian dia buka kembali warung yang lain yang tak jauh dari warung pertama. Dan yang membuat tim karawangkita menggelengkan kepala ketika tim mencoba menanyakan perbedaan omset hari biasa dengan hari - hari pada saat arus mudik ini. "Ya Alhamdulillah yang belanja lumayan banyak pak terutama pemudik, kalau dihitung - hitung jualan makanan dan minuman di momen mudik kaya gini penghasilan saya meningkat hampir 120 % di banding hari - hari yang bukan momen mudik", tutur beliau menjawab pertanyaan kami.

Selanjutnya beliau pun mengatakan di momen mudik biasanya dibantu oleh 1 orang yang diperbantukan karena pemudik itu ada yang beli makanan dan minuman ringan, ada juga pemudik yang beli makan dan minuman yang diseduh atau dimasak terlebih dahulu seperti kopi dan mie. "Kalau saya ga dibantu 1 atau 2 orang, bisa kabur pelanggan pak karena abdi ngaladanganna nu meser lami teuing (saya melayani yang beli terlalu lama red), makanya dengan dibantu 1 atau 2 orang otomatis pelanggan cepet ditangani kalo ada pesanan jadi ngaruh ke penghasilan ", tambah beliau ketika disinggung bagaimana salah satu trik sehingga omset bisa meningkat begitu banyak.

Jadi tidak salah ada orang yang bilang ramadhan membawa berkah danmanfaat, karena salah satu contohnya adalah peningkatan penghasilan dari pedagang - pedagang pinggir jalan salah satunya Ibu Erna. yang ternyata penghasilannya bisa meningkat tajam sampai 120%. 


Komentar
Belum ada komentar saat ini
Buat Komentar