Seputar Karawang

Tumpukan Sampah "Di Sulap" Oleh Muhtar Pasaribu

By:
2018-03-18 03:56:24
0 dilihat

Karawangkita.com - Di tangan Muhtar Pasaribu beserta seluruh warga RW 13 Perumnas Bumi Teluk Jambe Karawang, seluruh sampah yang tadinya tidak berdaya guna bisa menjadi sesuatu barang yang bermanfaat.

Adalah Rumah Kompos tempat dimana seluruh sampah organik bisa "Disulap" menjadi pupuk organi bahkan bisa digunakan untuk pakan ternak bagi yang membutuhkan. Muhtar Pasaribu yang masih aktif di Makodim 0604 Kararawang dengan pangkat Sersan Mayor ini menjelaskan bagaimana proses awal Rumah Kompos ini bisa menyulap yang tadinya sampah organik biasa menjadi pupuk organik yang mempunyai nilai dan berdaya guna.

"Pertama kami mengumpulkan sampah - sampah rumah tangga dengan dua orang pengumpul sampah, yang jika dirata - ratakan bisa mengumpulkan sampah hingga mencapai 40kg/hari ( 8 Rt/ 367 kartu keluarga). Setelah di cacah sampah tersebut didiamkan/ dijemur selama 7 hari, hingga proses pengepakan dan diambil oleh warga yang membutuhkan", pungkas Muhtar Pasaribu.

Menurutnya saat ini pengelola baru bisa sebatas membagikan secara gratis, mungkin kedepannya kita bisa bekerja sama dengan pihak luar untuk mengkomersilkan hasil dari kegiatan ini, karena hingga saat ini sudah banyak pihak yang mau mengajak kerja sama untuk memasarkan pupuk ini, ujar anggota TNI yang mengabdikan dirinya untuk warga setempat.

(opik)


Komentar
Belum ada komentar saat ini
Buat Komentar